Jika anda pernah bepergian ke daerah terdampak Corona.
Harap segera melapor dengan meng-klik tombol ini !.
LAPOR
DINAS KESEHATAN
KABUPATEN KAPUAS HULU
 
PUSKESMAS PUTUSSIBAU SELATAN

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Pembangunan kesehatan dilakukan dengan pendekatan Program Indonesia Sehat.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan 3 (tiga) pilar utama yaitu Paradigma Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional ; 1) Pilar paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan promotif preventif dan pemberdayaan masyarakat; 2) Penguatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, menggunakan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis resiko kesehatan; 3) sementara itu jaminan kesehatan nasional dilakukan dengan strategi perluasan sasaran dan benefit serta kendali mutu dan kendali biaya.

 Untuk terwujudnya derajat kesehatan yang optimal dibutuhkan komitmen bersama dari setiap komponen masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku yang sehat, memiliki keamampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata di seluruh wilayah Indonesia sehingga pembangunan kesehatan dapat berjalan secara maksimal. Untuk mewujudkan tujuan pembangunan kesehatan tersebut Puskesmas Putussibau Selatan telah menetapkan visi dan misi.

 Visi Puskesmas Putussibau Selatan adalah ”Kecamatan Putussibau Selatan Yang Sehat dan Mandiri”, dengan Misi : 1). Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan; 2). Memberdayakan serta mendorong kemandirian masyarakat dan keluarga dalam pembangunan kesehatan; 3). Memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bermutu, merata dan terjangkau. Dalam melakukan kegiatannya, Puskesmas Putussibau Selatan menerapkan tata nilai : 1) Tertib dalam bekerja; 2) penuh tanggung jawab; 3) Sopan; 4) Nyaman bagi pelanggan dan 5) Amanah, yang disingkat “TERPESONA”. Adapun yang menjadi motto Puskesmas Putussibau Selatan “Kami senang melayani Anda”.

Kode Register Puskesmas Putussibau Selatan P6108080201

Titik Koordinat Puskesmas Putussibau Selatan 49 N 0714216 UTM 0092773

Kepala Puskesmas Putussibau Selatan ( drg. Poltak G Sianturi ), No. Telpon :081362162774