DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK
DAN KELUARGA BERENCANA
KABUPATEN KAPUAS HULU
 
Nakes Puskesmas Mentebah Pendampingan Pelaksanaan ILP di Posyandu Desa Tangai Jaya
Mentebah , Sabtu 26 Oct 2024
 
PUSKESMAS MENTEBAH - Tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Mentebah terus mendorong peningkatan layanan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas setempat.
 
Dalam upaya mengoptimalkan pelayanan kesehatan di Posyandu wilayah kecamatan Mentebah, tenaga kesehatan Puskesmas Mentebah kembali melakukan 
Pendampingan pelaksanaan ILP di Posyandu Desa Tangai Jaya Kecamatan Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu pada Jumat (25/10/2024).
 
Tema kegiatan "Pendampingan Posyandu integrasi Layanan Primer" kegiatan berlangsung di Gedung Serbaguna Desa Tangai Jaya.
 
Pelaksanaan Pendamping ILP ini bertujuan agar kader posyandu dalam melaksanakan 5 layanan siklus hidup, kemudian Menata posyandu programatik seperti posyandu KIA, posyandu Lansia, Posyandu Remaja, Posyandu PTM untuk integrasi dalam layanan posyandu dan Memiliki kader yang memenuhi kreteria kecakapan posyandu.
 
Sasaran kegiatan Bidan Desa dan Kader Posyandu. Penanggung Jawab/pelaksana Tim pembinaan dan penilaian kader kesehatan Puskesmas Mentebah, dengan peserta para Kader Posyandu Desa Tangai Jaya.
 
Sementara itu, Nakes Puskesmas Mentebah berharap, Posyandu dapat memberikan pelayanan kesehatan terintegrasi sesuai siklus hidup mulai dari ibu hamil, bayi balita, anak pra sekolah, usia sekolah dan remaja, usia dewasa dan lanjut usia. 
 
Selain itu Terselenggaranya kerjasama dalam pemberdayaan masyarakat dengan baik yang didukung dengan regulasi (SK posyandu terintegrasi) dan posyandu menjadi tempat layanan kesehatan primer yang terstandar serta mudah diakses oleh masyarakat. 
 
Posyandu Desa Tangai Jaya sudah memahami tentang Integrasi Layanan Primer (ILP) yang didukung dengan kader posyandu berjumlah 6 orang kader dan 6 orang nakes, SK Posyandu terintegrasi dan melaksanakan 5 langkah pelayanan serta memberikan 5 layanan siklus hidup sesuai sasaran, dan perbaiki tingkatkan kembali rangkaian pelayanan dalam setiap langkah layanan. (*)