DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA
KABUPATEN KAPUAS HULU
 
Kadinkes PP dan KB Beserta Jajaran Dampingi Tim Surveyor Survey Akreditasi Puskesmas Batang Lupar
Batang Lupar , Kamis 14 Dec 2023
 
LANJAK - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah menempatkan pembangunan Kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu melalui beberapa strategi, salah satu strategi yang dilaksanakan yaitu peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas.
 
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu H. Sudarso, S.Pd.,M.M dalam sambutannya pada Opening Meeting Survey Akreditasi Puskesmas Batang Lupar Tanggal 14 Desember 2023.
 
Survey Akreditasi Puskesmas Batang Lupar dilaksanakan oleh Lembaga Survey Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) yaitu dr. Simson, SKM.,M.Kes beserta Tim.
 
Hadir bersama Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu yaitu para Kepala Bidang, Kepala Subbagian, Subkoordinator dan jajaran dilingkungan Dinkes PP dan KB Kabupaten Kapuas Hulu.
 
Hadir Kepala Puskesmas Batang Lupar beserta seluruh jajaran pegawai/Staf dan tenaga kesehatan Puskesmas setempat.
 
Lebih lanjut Kadinkes PP dan KB menyampaikan, salah satu upaya peningkatkan mutu pelayanan kesehatan adalah melalui akreditasi, yang bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan bagi pasien dan masyarakat secara berkesinambungan.
 
"Seperti yang pada hari ini kita laksanakan bersama-sama," jelas Kadinkes.
 
Dikatakan H. Sudarso, misi ke-5 Bupati – Wakil Bupati Kapuas Hulu HEBAT yaitu “Mewujudkan Kapuas Hulu yang Sejahtera dalam Pelayanan Kesehatan Dasar yang Bermutu bagi Masyarakat”. 
 
Ditambahkannya, Puskesmas Batang Lupar adalah Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, bertanggung jawab menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan di wilayah kerja Kecamatan Batang Lupar.
 
"Maka dari itu, harapan saya Puskesmas Batang Lupar dalam menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik Promotif, Preventif, Kuratif maupun Rehabilitatif, tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan untuk menjamin mutu pelayanan yang diterima oleh masyarakat," tegas Sudarso.
 
Selaku Kepala Dinas, Sudarso menyampaikan Apresiasi dan dukungan penuh bagi Kepala Puskesmas Batang Lupar beserta jajaran agar dapat menjalani Survey Akreditasi ini dengan baik, dan dapat melakukan perbaikan dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan maupun monitoring dan evaluasi program maupun pelayanan.
 
"Jadikan momen akreditasi ini sebagai titik awal untuk memberikan pelayanan yang terbaik di masa yang akan datang bukan hanya pada saat survey saja karna surveyor atau penilai sesungguhnya adalah masyarakat yang menerima layanan kesehatan," pesan Kadinkes PP dan KB.
 
Kepada Tim Surveyor, Kadinkes berharap dapat melakukan penilaian dengan obyektif serta memberikan pembinaan dan masukan serta saran bagi perbaikan pelayanan di Puskesmas Batang Lupar agar semakin baik kedepannya.
 
"Kepada Camat beserta Forkopimcam serta lintas sektor saya harapkan dapat mendukung penuh kegiatan ini dan jika nanti diperlukan untuk telusur atau wawancara agar dapat meluangkan waktu, saya selaku Kepala Dinas siap mendukung kesuksesan kegiatan akreditasi Puskesmas se-Kabupaten Kapuas Hulu termasuk di Puskesmas Batang Lupar," pungkas Kadinkes PP dan KB Kapuas Hulu H. Sudarso. (*)