Nakes Puskesmas Embaloh Hulu Melaksanakan Pelayanan di Posbindu PTM Desa Banua Martinus
PUSKESMAS EMBALOH HULU - Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan Puskesmas Embaloh Hulu terus berupaya dalam mengoptimalkan cakupan pelayanan kepada masyarakat di Posbindu PTM (penyakit tidak menular) di wilayah kerja Puskesmas setempat.
Selasa (5/9/2023), telah dilaksanakan Pelayanan Posbindu PTM di Desa Banua Martinus, Kecamatan Embaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu.
Penanggung jawab/pelaksana Tenaga Kesehatan Puskesmas Embaloh Hulu yaitu Supriana, A.Md.Kep, Lusiana, A.Md.Kep, Agustina Sandang, A.Md.Kep, Maria Rosalina, A.Md.Keb dan Agustus Merdeka. D, A.Md.Kep, dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang.
Dalam kesempatan tersebut, Nakes Puskesmas Embaloh Hulu Supriana menuturkan, kegiatan posbindu PTM sebagai sarana atau tempat masyarakat memeriksakan kesehatannya, untuk mencegah dan mengendalikan faktor resiko PTM atau penyakit tidak menular.
"Untuk itu kami berharap masyarakat agar dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan ini dengan baik, guna pencegahan dan pengendalian faktor resiko PTM berbasis peranserta masyarakat secara terpadu rutin dan periodik," katanya.
Kemudian Posbindu PTM juga sebagai sarana bagi masyarakat untuk melaksanakan deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor resiko PTM (penyakit Tidak Menular).
Dari hasil kegiatan, semua masyarakat usia 15-59 tahun datang dan memeriksakan kesehatannya ke Posbindu PTM di Desa Banua Martinus.
Oleh karena itu, diharapkan peranserta masyarakat usia 15-59 tahun untuk memeriksakan kesehatannya di Posbindu PTM Desa Banua Martinus Kecamatan Embaloh Hulu semakin meningkat.
Terlaksananya kegiatan : pelayanan Posbindu PTM di Desa Banua Martinus Kecamatan Embaloh Hulu, dengan hasil sebagai berikut, Jumlah yang hadir saat pelayanan adalah sebanyak 27 orang.
Kemudian dari hasil pemeriksaan indeks masa tubuh yang tidak normal sebanyak 12 orang, Ukuran lingkar perut yang tidak normal sebanyak 17 orang dan yang memiliki - darah di atas normal sejumlah 5 orang. (*)