Jika anda pernah bepergian ke daerah terdampak Corona.
Harap segera melapor dengan meng-klik tombol ini !.
LAPOR
DINAS KESEHATAN
KABUPATEN KAPUAS HULU
 
Lansia Desa Kumang Jaya Terima Pelayanan Kesehatan Nakes Puskesmas Empanang
Empanang , Selasa 11 May 2021

EMPANANG - Program pelayanan kesehatan pada warga lanjut usia di wilayah Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu rutin dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Empanang.

Pada Mei 2021, tenaga kesehatan Puskesmas Empanang mengunjungi desa - desa untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada lansia maupun pra-lansia di wilayah tersebut. Seperti halnya pelayanan Posyandu Lansia di Desa Kumang Jaya pada 5 Mei kemarin.

Kepala Puskesmas Empanang Susana, A.Md.Keb menyampaikan, dengan dilakukannya Posyandu Lansia diharapkan derajat kesehatan masyarakat Lansia di desa Kumang Jaya semakin meningkat.

"Diharapkan agar dapat menurunkan angka kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti Hipertensi dan pengobatannya lebih terkontrol oleh petugas kesehatan," katanya.

Kegiatan pelayanan Posyandu Lansia dipusatkan di

Gedung Serbaguna Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas yakni

Uswatun Hasanah dan Eva Triana, dengan dihadiri 5 orang Lansia. Hadir Ketua Kader Posyandu Lansia Desa Kumang Jaya.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, terdeteksi 5 Lansia mengalami hipertensi, kemudian 1 orang DM. Untuk itu kata Kapus, petugas kesehatan menyarankan agar selalu kontrol kesehatan, kemudian dilakukan langkah penanganan kesehatan oleh Nakes.

"Kita tetap ingatkan warga, terutama Lansia agar selalu menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian di era new normal Covid-19 ini harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," pesannya. (*)