Jika anda pernah bepergian ke daerah terdampak Corona.
Harap segera melapor dengan meng-klik tombol ini !.
LAPOR
DINAS KESEHATAN
KABUPATEN KAPUAS HULU
 
Nakes Puskesmas Empanang Berikan Pelayanan Kesehatan di Posbindu PTM Desa Kumang Jaya
Empanang, Selasa 11 May 2021

EMPANANG - Pelayanan tanpa batas tenaga kesehatan di wilayah perbatasan RI-Malaysia wilayah Kabupaten Kapuas Hulu patut diapresiasi. Program kegiatan yang telah disusun telah direalisasikan dengan maksimal oleh Puskesmas di garda depan NKRI, seperti halnya pelayanan kesehatan pada Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Empanang Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu pada Rabu 5 Mei 2021, memberikan pelayanan kesehatan pada Posbindu di Desa kumang Jaya.

Susana, A.Md.Keb selaku pimpinan Puskesmas Empanang Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu bersama jajaran terus berupaya agar pelayan kesehatan optimal, salah satunya Posbindu PTM.

Kepala Puskesmas Empanang Susana menyampaikan, pentingnya warga mengikuti Posbindu PTM yakni untuk mendeteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular.

"Dengan proaktifnya masyarakat datang ke pelayanan kesehatan di Posbindu, kita bisa melakukan langkah-langkah penanganan terhadap gangguan kesehatan yang dialami masyarakat," kata dia

Selain itu kata Kapus, melalui pelayanan kesehatan di Posbindu, tenaga kesehatan juga berkesempatan memberikan edukasi agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dengan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Pemeriksaan di Posbindu bertujuan untuk mendeteksi secara dini faktor resiko, memantau serta mengkontrol penderita penyakit tidak menular, terutama Hipertensi dan Diabetes Melitus," kata dia.

Adapun masyarakat yang menjadi sasaran pelayanan yakni usia produktif (15 - 59 Tahun) di wilayah desa Kumang Jaya, Kecamatan Empanang, dengan penanggung jawab/pelaksana kegiatan yakni Sema Yasinta, A.Md.Kep dan Henni Haryati, A.Md.Keb. Hadir bidan desa, Kader Posbindu, masyarakat usia produktif dan Staff puskesmas, dengan jumlah 18 peserta hadir.

Kapus mendorong agar masyarakat usia produktif dapat mengikuti program posbindu dengan aktif penuh kesadaran, dalam pemantauan kesehatan, pendeteksian dini, dan pencegahan komplikasi terhadap penyakit tidak menular. 

"Kita harapkan warga Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang, khususnya bagi penderita HT dan DM rutin memeriksakan diri dan konsumsi obat secara teratur," tuntas Kapus. (*)