Jika anda pernah bepergian ke daerah terdampak Corona.
Harap segera melapor dengan meng-klik tombol ini !.
LAPOR
DINAS KESEHATAN
KABUPATEN KAPUAS HULU
 
Nakes Puskesmas Empanang Berikan Pelayanan Imunisasi di Posyandu Desa Kumang Jaya
Empanang , Selasa 11 May 2021

EMPANANG - Memasuki pertengahan bulan Mei 2021, Puskesmas Empanang Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu kembali melaksanakan jadwal rutin pelayanan Imunisasi pada Posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas setempat.

Pada 10 Mei 2021, tenaga kesehatan Puskesmas Empanang melaksanakan Posyandu bayi dan balita di Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang.

Hadir Bidan desa, Kader Posyandu, Bayi dan balita

Ibu bayi dan balita, staf Puskesmas Kecamatan Empanang. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Puskesmas Empanang Susana, A.Md.Keb menyampaikan, kegiatan pemberian imunisasi pada bayi dan balita di Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang disambut antusias peserta Posyandu.

"Kita upayakan capaian Imunisasi terus meningkat, kemudian peran aktif masyarakat untuk datang ke Posyandu juga harus meningkat," ujar Kapus.

Lebih lanjut Kapus menambahkan, pemberian imunisasi bertujuan untuk memberikan kekebalan antibodi terhadap suatu penyakit kepada bayi dan balita.

"Kekebalan seperti DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) Hepatitis B, Polio dan campak pada bayi dan balita, secara khusus di Desa Kumang Jaya," kata diam

Kapus menyampaikan bahwa petugas kesehatan dalam pelayan posyandu telah memberikan edukasi kepada orang tua bayi balita agar fokus memperhatikan tumbuh kembang anaknya, terutama dalam pemberian asupan gizi seimbang untuk anak, sehingga tetap sehat bertumbuh sesuai usianya.

Pelayanan imunisasi dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Empanang, yakni Eva Triana, A.Md.Keb dan Benedika Mardewi Iswari, S.Kep.,Ners.

Kepada peserta orangtua bayi dan balita di Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang diharapkan untuk rutin ikut posyandu bayi balita dan mendapatkan imunisasi dasar lengkap sesuai dengan usia. Demikian disampaikan pelaksana Imunisasi kepada semua peserta yang hadir.

Sementara itu Ketua kader Posyandu Desa Kumang Jaya juga mengharapkan, semua ibu bayi dan balita untuk ikut serta rutin dalam pelaksanaan posyandu bayi, balita setiap bulannya.

Dari jumlah 5 peserta Imunisasi, di Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang diantaranya pemberian imunisasi MR lanjutan 1 orang, DPT Hb Hib lanjutan 1 orang, DPT Hb Hib 1 ada 1 orang, DPT Hb Hib 3 ada 1 orang, Polio 1 ada 1 orang, Polio 2 ada 1 orang, Polio 4 ada 1 orang

dan BCG 1 orang. (*)